Minggu, 25 Desember 2022

PENERAPAN/ PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL

MANFAAT MICROSOFT OFFICE EXCEL 


 



A. Pengertian Microsoft Excel  
    Microsoft excel atau microsoft office excel adalah program aplikasi spreasheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microwsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data ke dalam bentuk tabel. (Susandra, 2010) 

B. Fungsi atau Kegunaan Microsoft Excel dalam Pekerjaan
Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari antara lain sebagai berikut : 
 1. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan. 
 2. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain. 
 3. Melakukan riset harga. 
 4. Melakukan konversi mata uang.


C.Manfaat Microsoft Excel
        Pemanfaatan microsoft excel bagi peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dicoba dalam 3 siklus, masing- masing siklus dicoba satu kali pertemuan. Susandra (2010: 1) “Microsoft Excel ialah aplikasi spreadsheet( lembar kerja elektronik), guna dari microsoft excel merupakan buat melaksanakan pembedahan perhitungan dan bisa mempresentasikan informasi dalam wujud tabel”.

         Bagi Musyafa (2014:1), “Microsoft Excel 2007 merupakan suatu program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang terbuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation buat sistem pembedahan Microsoft Windows serta Mac OS.” Aplikasi ini mempunyai fitur kalkulasi serta pembuatan grafik yang berbentuk pengolah angka. Azhar (2019), Berkata“Microsoft Excel merupakan Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka( Aritmatika). Microsoft Excel sangat menolong pegawai perkantoran dalam menuntaskan kasus yang gampang hingga dengan yang rumit dalam bidang administratif perkantoran khususnya. Menurut Sumarno (2020), bahwa Microsoft Excel ialah salah satu produk fitur lunak buat pengolahan informasi yang terbuat oleh Microsoft.




D. Kelebihan Microsoft Excel 
        Kelebihan Microsoft Excel Dalam buku Pengantar Teknologi Informasi– Konsep serta Teori karya Muhammad Sobri (2017), disebutkan bila Microsoft Excel mempunyai sebagian kelebihan yang membuat penggunanya terus menjadi gampang dalam menggunakan aplikasi ini. Kelebihan tersebut antara lain: 
1. Wujud tampilannya yang gampang dikenali serta dijalankan.
2. Mempunyai fitur buat membuat grafik informasi.  
3. Keahlian penyimpanan informasinya lumayan besar.
4. Lumayan gampang dioperasikan dengan memakai rumus serta logika dalam Excel.
    
     Tidak hanya 4 kelebihan tersebut, Microsoft Excel pula mempunyai kelebihan, ialah pengorganisasian informasi yang lebih tertib, meski jumlahnya besar. Nyatanya aplikasi ini pula mempunyai sebagian kekurangan, ialah: Pengguna yang belum mengerti betul tentang guna, rumus, serta logika, hendak merasa kesusahan buat melaksanakan, mengoperasikan dan mencerna informasinya. Bayaran yang dibutuhkan buat mengakses aplikasi Microsoft Excel yang asli bukanlah murah. Hingga dari itu, pengguna wajib membayar beberapa bayaran buat dapat memakai aplikasi ini secara formal. Apabila salah memasukkan rumus, dapat berakibat pada informasi yang dihasilkan. Misalnya perhitungan jadi tidak pas ataupun informasi tidak bisa terbaca. Perlu waktu yang agak banyak buat dapat memasukkan informasi ke Microsoft Excel secara manual. Terlebih lagi bila informasi tersebut dalam jumlah yang banyak.









Sumber 
https://jurnal.uns.ac.id/seeds/artickel/view/56701/33540

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TODAY'S STORY

Today I will talk about my weekend, today as usual I spent the day at the boarding house, accompanied by my beloved cat Subak. Today I clean...